Bersepeda Gunung di Bogor? Ini Jalur-jalurnya

Bersepeda Gunung di Bogor? Ini Jalur-jalurnya

Bogor sudah lama dikenal sebagai destinasi favorit para penggemar sepeda dari wilayah sekitarnya seperti Depok, Tangerang, dan Jakarta. Kota ini memang memiliki banyak trek, termasuk cross country, all-mountain, hingga downhill.

Mana Saja Jalur Mountain Bike (MTB) di Bogor?

Bagi Anda yang gemar bersepeda gunung, rute-rute ini bisa Anda coba. Semua rute memiliki waktu tempuh yang bersahabat (di bawah 5 jam). Jadi jika berangkat pagi-pagi, Anda bisa kembali ke titik awal sebelum jam makan siang.

Gunung Pancar

Tempat ini sudah lama menjadi tempat favorit para pencinta olahraga sepeda gunung. Pegal dan lelah setelah seharian mengayuh sepeda pasti akan hilang setelah berendam di kolam air panas yang ada di Gunung Pancar.

Karena senang bersepeda uphill, Andhina biasanya mengambil rute Pancar Loop sebanyak tiga kali. Parkir mobil di Taman Budaya Sentul, lalu rutenya Taman Budaya – Gunung Pancar (lewat belakang) – Taman Budaya lagi.

Jarak: 35 km (PP)

Total elevasi: 1.200 m (setelah tiga kali loop)

Sukamantri

Yang sering dijadikan target gowes adalah Wana Wisata Sukamantri (atau Camping Ground Sukamantri). Destinasi ini terletak di Desa Sukamantri, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor.

Memasuki trek nanjak ini, Anda akan disuguhkan pemandangan perbukitan dan hutan pinus yang hijau. Sementara di perjalanan pulang, siap-siap menuruni jalur tanah dan berbatu yang akan menguji kemampuan handling Anda.

Jarak: 30 km (PP)

Total elevasi: 1.500 m

Curug Nangka

Berbeda dengan trek Sukamantri yang menantang, jalur menuju Curug di kaki Gunung Salak ini termasuk on-road nanjak halus. Cukup membuat betis panas dan nafas memburu, tapi tidak bikin menyesal gowes ke sini.

Andhina biasa bawa mobil dan parkir di McDonald’s Paledang. Lalu bersepeda ke arah Ciomas – Ledeng – Tanjakan Demit – Makati Elok – Curug Nangka – BNR – McDonald’s Paledang.

Jarak: 40 km (PP)

Total elevasi: 1.000 m

Kampoeng Awan dan Pondok Pemburu

Untuk sampai ke Kampoeng Awan, Anda harus melewati jalanan menanjak yang cukup menyiksa. Untungnya setelah itu, turunan off-road single track hutan pinus menanti. Jalur ini nikmat jika dilalui dengan kecepatan penuh dan saat kondisi tanah kering. Sesampainya di Pondok Pemburu, Anda pun bisa melepas lelah ditemani suara gemercik air.

Untuk ke Kampoeng Awan, Andhina biasa parkir kendaraan di McDonald’s Lodaya. Lalu ambil jalur McDonald’s Lodaya – Cimahpar – Gunung Geulis – Pasir Angin – Kampoeng Awan – Pondok Pemburu – Km 0 – Sentul – McDonald’s Lodaya.

Jarak: 50 km (PP)

Total elevasi: 1.300 m

Bukit Alesano

Berbagai unggahan foto yang instagramable maupun ulasan di media sosial menjadi magnet bagi para penjelajah alam untuk menjelajah bukit Alesano. Bukit ini menawarkan view 360 derajat ke sekelilingnya, termasuk Gunung Gede Pangrango, hamparan sawah, dan pemandangan kota Bogor.

Untuk sampai ke bukit yang terletak di Desa Cipelang, Kecamatan Dijeruk ini, terdapat single track bebatuan yang menanjak. Anda bisa melewati jalur Bogor – Biotrop – Rancamaya – Cibalung – Geger Bitung – Bukit Alesano – Bogor.

Jarak: 45 km (PP)

Total elevasi: 1.200 m

Pura Agung dan Kampung Salaka

Pura Parahyangan Agung Jagatkartta ini memiliki nuansa seperti pura-pura di Bali. Nanjak sedikit lagi, Anda akan tiba di Kampung Salaka. Tempat ini menarik untuk bersantai dan berfoto sambil menikmati pemandangan.

Sepanjang perjalanan, Anda akan dimanjakan oleh hijaunya perbukitan Gunung Salak dan udara yang sejuk. Mendekati pura, Anda juga akan melewati jalanan menanjak yang sangat terjaga kebersihannya.

Andhina biasanya mengawali perjalanan dengan parkir kendaraan di McDonald’s Paledang. Dari sana, ia bersepeda melewati Bogor Nirwana Residence (BNR) – Pura Agung – BNR – McDonald’s Paledang lagi.

Jarak: 40 km (PP)

Total elevasi: 1.000 m

Gunung Geulis

Medan menuju Gunung Geulis cukup bervariasi mulai dari aspal rusak, jalan setapak, dan tentunya jalan tanjakan, makadam pula. Karenanya, jalur ini merupakan salah satu destinasi favorit para goweser yang sudah lebih berpengalaman.

Ada banyak jalan menuju Gunung Geulis. Bisa via Sentul – Rainbow Hills – Gunung Geulis. Bisa via Bogor – Katulampa – Pasir Angin Gadog – Gunung Geulis. Atau bisa juga via Cikatapis.

Jarak: 40 km (via Sentul PP) / 20 km (via Cikatapis PP)

Total elevasi: 600 m

Catatan: Sebagian informasi di artikel ini, termasuk waktu dan jarak tempuh, disadur dari postingan Andhina Ayuningtyas pada situs MainSepeda.com.

Sebenarnya masih banyak lagi rute sepeda gunung di Bogor, dan mayoritas bisa terkoneksi satu dengan yang lain. Jadi untuk yang punya waktu banyak, beberapa rute bisa digabungkan.

TalkAbout T80 Extreme/T82, Partner Bersepeda Gunung atau Outdoor Sports Lainnya

Seperti olahraga outdoor lainnya, bersepeda gunung itu asyiknya dilakukan rame-rame. Namun mengingat jalur mountain bike banyak melewati hutan yang rindang, jalur yang tidak ditandai, dan daerah minim sinyal, ada kemungkinan grup Anda terpisah satu dengan yang lainnya.

TalkAbout T80 dengan handlebar mount jadi teman setia kegiatan bersepeda.

TalkAbout seri T80 Extreme atau T82 adalah partner sempurna untuk petualangan Anda. Walkie-talkie keluaran Motorola Solutions ini memiliki cakupan hingga 10 km. Perbedaan utama antara kedua seri ini terletak pada jumlah channel: 8 channel pada TalkAbout T80 Extreme, 16 channel pada TalkAbout T82.

Keduanya memiliki senter LED bawaan untuk membaca peta di kegelapan. Eksteriornya tahan air dengan rating IPx2 sehingga Anda tidak perlu khawatir jika terjatuh dari sepeda saat kondisi jalanan basah. Untuk medan yang lebih ekstrim, TalkAbout T80 Extreme atau TalkAbout T82 bisa jadi pilihan.

Demi kemudahan berkoordinasi di petualangan selanjutnya alias tidak saling tunggu-tungguan gara-gara tersesat, segera pilih seri TalkAbout yang paling cocok untuk petualanganmu!

#SepedaGunung #Hobi #Extreme #MountainBike