8 Tips Merawat Orang Tua

8 Tips Merawat Orang Tua

Mobilitas menurun, penglihatan dan pendengaran berkurang, serta berbagai faktor lain akan menyebabkan gaya hidup dan kebutuhan seseorang berubah mengikuti usia. Orang tua yang sebelumnya bisa serba mandiri, kini harus lebih mengandalkan orang lain. Penyesuaian ini tentunya tidaklah mudah bagi keluarga Anda.

Memang, menjadi tua merupakan sebuah proses yang akan dialami semua orang. Ketika tiba waktunya merawat orang tua kita, sangatlah penting untuk senantiasa menunjukkan kasih sayang dan melibatkan mereka dalam berbagai kegiatan demi kesehatan fisik dan mental.

Lansia membutuhkan perawatan yang lebih komprehensif. Sumber: Pixabay.

Berikut ini adalah beberapa persiapan dan tindakan yang bisa Anda terapkan untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman bagi lansia.

1. Buat Perencanaan yang Matang

Perencanaan yang matang dapat mencegah timbulnya emergency atau keadaan darurat. Beberapa hal yang dapat Anda persiapkan dari jauh-jauh hari, misalnya:

  • Siapkan kotak PPPK dan nomor telepon darurat untuk mengantisipasi kambuhnya penyakit atau terjadinya kecelakaan tiba-tiba.
  • Ciptakan lingkungan yang aman, misalnya dengan memasang keset anti-slip dan pegangan di kamar mandi, memasang smoke detector, dan sebagainya.
  • Sisihkan dana untuk asuransi kesehatan, medical check-up, dan perawatan lainnya.
  • Gunakan juga teknologi seperti CCTV dan GPS untuk memantau keadaan orang tua secara remote.

2. TALKABOUT T42: Solusi Komunikasi saat Merawat Orang Tua

Kecanggihan fitur smartphone terkadang dapat menjadi bumerang, khususnya bagi orang tua yang masih gaptek. Gangguan jaringan dapat menyebabkan sulitnya berkomunikasi dengan mereka.

Motorola TALKABOUT T42 merupakan perangkat walkie-talkie yang sangat cocok digunakan dan dibawa-bawa oleh kaum lansia. Berkat fitur easy pairing, orang tua langsung bisa berbicara langsung ke teman dan keluarga hanya dengan menekan satu tombol. Soal kualitas suara, tentunya akan lebih jelas dan bebas dari gangguan sinyal.

Ukuran TalkAbout T42 sangat nyaman untuk digenggam. Sumber : YouTube

Dengan 20 channel, layar LCD, dan jarak jangkauan hingga 4 km, orang tua bisa tetap terhubung untuk menikmati setiap momen. Dengan TALKABOUT T42, Anda pun lebih mudah merawat dan memantau kondisi orang tua. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai TalkAbout T42 di tautan ini.

3. Habiskan Waktu Bersama

Cara terbaik untuk menghabiskan hari-hari tua adalah bersama orang-orang tercinta. Ciptakanlah momen bersama, misalnya dengan mengunjungi mereka (jika tidak tinggal serumah) dan makan bersama di satu meja. Manfaatkan waktu kunjungan ini untuk memeriksa kondisi tempat tinggal dan menanyakan bantuan apa saja yang mereka butuhkan.

Tips: Saat camping sekeluarga di gunung dan kegiatan rekreasi lain, kemungkinan besar ada waktu di mana Anda harus meninggalkan orang tua sementara waktu karena mereka tidak dapat mengikuti semua aktivitas yang Anda rencanakan. Pastikan komunikasi berjalan lancar dan orang tua Anda tetap dapat merasa dilibatkan dengan TALKABOUT T42.

4. Dukung Mereka untuk Bersosialisasi

Dukung orang tua untuk memiliki teman baru, mendalami hobi, dan menjaga hubungan dengan sanak saudara agar mereka tidak merasa kesepian atau depresi seiring bertambahnya usia. Jenis kegiatannya bisa berupa kursus memasak atau keterampilan lainnya.

5. Dengarkan Kata-kata Mereka

Salah satu cara membuat orang tua merasa dihargai adalah dengan mendengarkan pendapat mereka. Siapa tahu, Anda bisa mendapatkan pelajaran berharga sekaligus solusi dari masalah yang sedang Anda hadapi.

Bersepeda sangat baik dilakukan oleh lansia. Sumber: Pixabay.

6. Ajak Mereka untuk Berolahraga

Olahraga dapat mengurangi resiko terkena penyakit dan meningkatkan kualitas hidup, khususnya bagi orang tua dan kita yang memiliki gaya hidup sedentary atau pasif bergerak.

Olahraga dengan intensitas sedang seperti jogging, berenang, dan bersepeda cukup aman dilakukan oleh orang tua, dan idealnya hingga lima kali seminggu dengan durasi rata-rata 30 menit. Latihan kekuatan (dengan resistance band atau beban tubuh) dan fleksibilitas (dengan stretching, yoga) juga akan sangat bermanfaat untuk melawan efek bertambahnya usia.

Tips: Saat jogging atau bersepeda bersama, TalkAbout akan sangat berguna untuk saling berkomunikasi. Beberapa seri TalkAbout seperti T80 bahkan mempunyai daya jangkau hingga 10km di kondisi tertentu.

7. Manfaatkan Jasa Perawat Lansia

Perawat lansia bisa jadi solusi bagi Anda yang membutuhkan bantuan untuk merawat orang tua di rumah. Selain meringankan beban Anda dan keluarga, perawat lansia bisa memberikan perhatian penuh yang mereka butuhkan sekaligus menjadi pendengar setia mereka.

8. Tetap Sabar dan Hormati Mereka

Dalam menerapkan tips-tips merawat orang tua di atas, bisa jadi Anda akan mendapatkan penolakan. Ini merupakan reaksi yang wajar karena mereka belum terbiasa untuk bergantung kepada orang lain. Mereka juga mungkin enggan meminta tolong karena takut merepotkan, apalagi jika menyangkut masalah biaya.

Meski sudah tua, mereka tetap butuh pengakuan dan rasa hormat. Karena itu, Anda perlu bersikap sabar. Jika mereka enggan untuk mengikuti kegiatan yang Anda sarankan, cobalah lagi di lain kesempatan dan dengan pendekatan yang berbeda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan keluarga.

#MerawatOrangTua #KasihSayangAnak #PerhatianOrangtua